Apa itu Grafologi ?

hand2

Grafologi adalah ilmu yang mempelajari karakter seseorang dengan cara menganalisis tulisan tangannya, buku pertama tentang grafologi ditulis oleh Camillo Baldi, seorang dokter asal Itali pada tahun 1622. Tahun 1872, Jean Michon menerbitkan bukunya yang menjadi buku pokok grafologi pada saat itu.

Dalam grafologi ada dua metode untuk menilai karakter dan kepribadian,  yaitu teknik Jerman dan teknik Perancis. Metode Jerman dengan cara melihat secara keseluruhan tulisan seseorang. Sedangkan pada teknik Perancis cenderung menganalisis per huruf lalu digabungkan. Apabila dua teknik ini digabungkan maka menurut riset, keakuratan analisa grafologi dapat mencapai 80-90%.

Manfaat Grafologi

Penelitian mempercayai bahwa karakter dan kepribadian seseorang dapat dilihat dari tulisan tangan ataupun struktur grafisnya. Peneliti-peneliti atau para ilmuwan yang sangat mempercayai hal ini adalah ilmuwan asal China. Bahkan ilmu medis juga menjadikan tulisan tangan sebagai diagnosis untuk mengetahui penyakit yang dialami pasiennya.

Grafologi menjelaskan bahwa tulisan tangan seseorang berasal dari gambaran yang ada di dalam otaknya. Jadi, menurut grafologi setiap manusia tumbuh secara fisik dan pribadi maka otak mempengaruhi tulisan tangannya. Tulisan tangan ini lebih ke arah produk individual demi menyesuaikan gambaran mental dan bagaimana yang kita inginkan dari tulisan tersebut.

Beberapa  manfaat lainnya dari ilmu grafologi yaitu :

  1. Menentukan minat dan bakat

Ilmu grafologi dapat melihat bagaimana minat seseorang untuk melangkah selanjutnya. Misalnya untuk menentukan jurusan apa yang sesuai dengan dirinya dan menentukan profesi sesuai kepribadiannya. Hal ini dapat dilakukan oleh seorang siswa untuk memikirkan masa depan dengan pekerjaan yang sudah direncanakan sejak dini. Bagi individu yang cukup dewasa dan telah bekerja juga dapat dilakukan untuk mengetahui kemaksimalan pekerjaan yang telah digeluti dengan menentukan potensi bakat yang sudah terlihat bahkan yang tersembunyi yang ada dalam dirinya.

  1.    Menentukan kecocokan

Jika anda akan menikah maka dengan ilmu grafologi dapat melihat apakah anda pasangan yang cocok satu sama lain. Hal yang paling mendasar adalam bentuk komunikasi yang cocok yang dapat dipakai untuk terciptanya komunikasi yang lancar. Kecocokan bukan hanya mengenai pasangan, namun berkaitan dengan rekan bisnis, orangtua dan anak, teman, orang lain sejauh yang diperlukan dalam interaksi mendalam yang ingin dibangun.

  1.   Rekrutmen karyawan

Banyak perusahaan yang menganalisid tulisan tangan calon karyawannya untuk melihat apakah potensi yang dimiliki calon pegawai, tahu lebih banyak mengenai karakternya lebih dalam dari sekedar yang tertulis di CV. Bila perusahaan ingin membuat team work maka mengetahui profil pegawai sangat efektif untk membuat tim yang pas atau cocok yang dapat maksimal bekerja dalam satu tim.

  1.   Mengurangi atau menghilangkan kebiasaan buruk

Jika kita memiliki problem area yang tidak kita ketahui maka dengan grafologi dapat melihat bagaimana dan apa yang menjadi penyebab dasar area kekurangan yang menghambat potensi diri. Talenta sebaik atau sebesarapapun tidak akan bisa berkembang dengan baik apabila disertai dengan problem area individu yang mengurangi, menghambar bahkan mematikan potensi diri. 

  1.  Meyakinkan mengenai kekuatan dan potensi diri yang dapat dikembangkan, untuk kemaksimalan diri.

       6.   Mengidentifikasi dan mengembangkan karakter sesuai keunikan diri yang dimiliki secara keseluruhan dalam bentuk menggambaran Profil kepribadian. Setiap pribadi berbeda, dan tulisan tangan yang dimiliki akan menggambarkan keunikan individu secara instimewa. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *